Menghitung berat besi/baja

Untuk mengetahui berat suatu benda, biasanya kita cukup menggunakan timbangan untuk mengetahui berapa berat benda tersebut.Namun dalam pembahasan kali ini kita akan membahasnya tanpa menggunakan timbangan alias menggunakan rumus……😉 Rumus yang di gunakan adalah: BERAT (Kg) = VOLUME (m^3) X  BERAT JENIS /DENSITY (Kg/m^3) Oh ya…. sebelum kita ke contoh soal, saya akan sertakan dulu beberapa  rumus volume & daftar berat jenis dari beberapa benda agar mudah dipahami….

RUMUS VOLUME BERAT JENIS

Ex: Misal kita akan menghitung berat baja  bentuk persegi panjang dengan dimensi 200 mm x 500 mm x 600 mm.

= VOL x BJ

= (200 mm x 500 mm x 600mm) x 7850 Kg/m^3

= 0.06 m^3 x 7850 Kg/m^3 = 471 Kg

Ex: Sekarang kita akan menghitung berat  silinder baja  dengan diameter (d) 50 mm dan tinggi (h) 200 mm.

= VOL x BJ =(3,14 x r^2 x h ) x  BJ

=(3.14 x 25^2 mm^2 x 200 mm) x 7850 Kg/m^3

=3.08 kg

*Untuk menghitung  menggunakan tool,bisa kunjungi link ini:

http://mso-weight-calculator.software.informer.com/download/

Proyeksi Amerika & Proyeksi Eropa

Dalam membaca gambar teknik seringkali kita kebingungan akan perbedaan proyeksi amerika dan proyeksi eropa. Di bawah ini saya akan jelaskan perbedaan diantara keduanya.

  1. Proyeksi Amerika

Proyeksi amerika disebut juga proyeksi sudut ketiga atau proyeksi kwadran III, , perbedaan istilah ini tergantung dari masing-masing pengarang yang menjadi refernsi. Proyekasi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Image

Proyeksi amerika merupakan proyeksi yang mudah dipahami, karena tata letaknya sama dengan  arah pandang kita, dan proyeksi inilah yang saya pakai di setiap gambar yang saya buat.🙂

  1. Proyeksi Eropa

Proyeksi eropa disebut juga proyeksi sudut pertama atau proyeksi kkwadran I. Proyeksi Eropa merupakan proyeksi yang letaknya terbalik dengan arah pandangnya. Coba kita perhatikan kembali gambar dibawah ini, dengan model yang sama kita proyeksikan gambar tersebut kedalam proyeksi eropa.

Image

Pada gambar diatas tata letak proyeksi terbalik dengan arah pandang kita, tapi bila kita sudah memahami proyeksi amerika, membaca gambar dengan proyeksi eropa tidak begitu sulit, karena kita hanya menukar posisi saja….  :)

Biasanya dalam sebuah gambar teknik, untuk mengetahui gambar yang disajiakan apakah proyeksi amerika atau proyeksi eropa ditandai oleh sebuah simbol yang ditaruh di etiket gambar. Berikut adalah simbol untuk masing-masing proyeksi.

Image

Untuk lebih memahami perbedaan kedua proyeksi tersebut, coba perhatikan video berikut ini.

 

Download gratis cad 2d & 3d

Untuk melengkapi sebuah design, kadang saya memerlukan komponen-komponen pendukung baik itu model 2D & 3D. Dalam melakukan ini  saya hanya  perlu mendownloadnya dengan gratis sehingga menghemat waktu  dalam  merancang komponen-komponen tersebut. Salah satu web pavorit saya adalam hal ini adalah http://www.3dcontentcentral.com

Image

Mengapa 3D ContentCentral?

3D ContentCentral ® adalah komunitas pengguna dan pemasok gratis dan  tersedia  dalam format CAD baik 2D dan 3D, termasuk SolidWorks, DraftSight, Autodesk Inventor, dan AutoCAD. So tunggu apa lagi……silahkan explore sendiri  ^_^

 

Jurnal syukur

Iseng-iseng lagi browsingan di forum Quantum ikhlas & tiba-tiba nih mata penasaran sama kata “Jurnal syukur”.Jadi bertanya-tanya, kenapa syukur harus di tulis-tulis segala?bahkan dijurnalin segala lagi, kayak pembukuan aja he…he…🙂 . Setelah baca-baca, ternyata hmm…..  :)

Menurut saya (betul gak ya) menulis jurnal syukur atau keberuntungan adalah melatih rasa syukur kita kepada Allah SWT, karena ketika menulis keberuntungan, kita dapat “merasakan” betapa karunia Allah ternyata begitu banyaknya (Alhamdulillah)  & juga melatih ke”ngeh”an kita. Ada kata-kata yang cukup saya suka dari pelajaran ini, yaitu “ apabila keberuntungan kecil tidak di syukuri maka dia akan “malas” datang lagi”🙂

Bagaimana cara nulisnya ya?Gak ada patokan harus gimana, yang jelas  Siapkan aja buku “khusus keberuntungan” kita, catat minimal 3 keberuntungan anda setiap hari, dimulai dari yang kecil2 seperti: Tanggal:1//3/2011
– Diongkosin naik angkot
– Ditraktir Baso
– Dikasih oleh2
– mendapat tumpangan
– Mendapat nasehat gratis
– Mendapat diskon
– dll

Berkomitmen membuat catatan keberuntungan untuk minimal 40 hari,coba baca saat kita hendak tidur & bangun tidur dan rasakan betapa beruntungnya kita. pada saat merasa “drop” atau merasa kurang beruntung, bukalah catatan kita, bacalah, dan rasakan energi kita akan “enak” lagi, kelak kejaiban kecil berubah menjadi besar dan deras dlm hibup kita, Karena Allah akan menambah nikmat kita apabila kita bersykur (Al- imron:144) (dah kayak ustadz aja ngomongnya he..he..)

eh mau share dikit nih contohnya pas saya nulis tulisan ini, tiba2 di luar rumah ada orang (maaf) Gila teriak2 & saya coba pejamkan mata ini dan merasakan betapa bersyukurnya saya masih di kasih otak yang normal (Alhamdulillah) terima kasih YaRabb…..(eh kok jadi curhat gini sih he…he..)🙂

Sebenarnya saya juga belum mencoba menulis jurnal ini, So  yuk kita sama-sama belajar, semoga kita dijakan oleh Allah sebagai orang yang pandai bersyukur (Amien)

“Dan jika kamu menghitung-hitung ni’mat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya(karena banyaknya).Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyayang”. (An Nahl:18)


 

 

 

 

 

 

 

dan Air-pun hidup….

Prof.Masaru Emoto dari jepang yg telah menemukan ekperimen mencengangkan ini,bahwa air bereaksi terhadap alam sekitarnya, bahkan air juga merespons sikap manusia terhadapnya, Hasil penelitian Emoto menunjukkan bahwa air itu hidup seperti laiknya anda merespon perkataan yg saya tujukan pada anda,ini bisa dibuktikan melalui pembuktian laboratoriun yang ilmiah.

Hasil penelitian ini dituangkan dalam bukunya yg berjudul Message from Water (SMS dari Air) dan sudah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa termasuk Indonesia. Dalam eksperimennya, Emoto mengambil Air murni dari mata air di Pulau Honshu dan didoakan secara agama Shinto, kemudian didinginkan sampai -5oC di laboratorium, lantas difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi.
Hasilnya ternyata molekul air membentuk kristal segi enam yang indah. Lalu Percobaan diulangi dengan membacakan kata, “Arigato (terima kasih dalam bahasa Jepang)” di depan botol air tadi. air kembali membentuk kristal sangat indah. Lalu dicoba dengan menghadapkan tulisan huruf Jepang, “Arigato”. Kristal membentuk dengan keindahan yang sama. Selanjutnya ditunjukkan kata “setan”, kristal berbentuk buruk. Diputarkan musik Symphony Mozart, kristal muncul berbentuk bunga. Ketika musik heavy metal diperdengarkan, kristal hancur.

Air terbukti hidup dan membawa kehidupan, Tubuh kita ini 75% terdiri dari air, otak 74,5% air dan darah 82% air. Maka dalam kehidupan sehari-hari ada baiknya kita member do’a (pesan positif ) ketika kita minum air, berkata yang positif terhadap orang-orang sekitar kita, Kalau kita berpikir postif dan optimistis kepada diri kita sendiri, maka air dalam diri kita akan mengeluarkan energi positif dan aura yang selalu optimistis, perlakukan air dengan kasih sayang, bersih dan tidak mubazir.
Air yg bermuatan do’a bisa menyembuhkan tubuh dan jiwa karena Semakin kuat konsentrasi pemberi do’a/pesan, semakin dalam pesan tercetak di air. Air bisa mentransfer pesan tadi melalui molekul air yang lain. Barangkali temuan ini bisa menjelaskan, kenapa air putih yang didoakan bisa menyembuhkan si sakit. Dulu ini kita anggap musyrik, atau paling sedikit kita anggap sekadar sugesti, tetapi ternyata molekul air itu menangkap pesan doa kesembuhan, menyimpannya, lalu vibrasinya merambat kepada molekul air lain yang ada di tubuh si sakit.
Mungkin air putih di rumah, bisa setiap hari didoakan dengan khusyu kepada Allah, agar anak yang meminumnya saleh, sehat, dan cerdas, dan agar suami yang meminum tetap setia. Air tadi akan berproses di tubuh meneruskan pesan kepada air di otak dan pembuluh darah. Insya Allah pesan tadi akan dilaksanakan tubuh tanpa kita sadari,wawlahu a’lam…

Rasulullah saw. bersabda, “Zamzam lima syuriba lahu”, “Air zamzam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya”. Barangsiapa minum supaya kenyang, dia akan kenyang. Barangsiapa minum untuk menyembuhkan sakit, dia akan sembuh. Subhanallah … Pantaslah air zamzam begitu berkhasiat karena dia menyimpan pesan doa jutaan manusia selama ribuan tahun sejak Nabi Ibrahim a.s.

“ Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup.” (Q.S. Al Anbiya:30)

pada akhirnya kita serahkan semuanya pada Allah SWT.

*dari berbagai sumber,referensi buku “THE TRUE POWER OF WATER” (terjemahan)